Physical ke mid? Inilah deretan hal unik di week 1 MPL ID Season 8

18 Agustus 2021
post image

Mobile Legends, Martis

Kompetisi Mobile Legends Professional League Indonesia alias MPL ID Season 8 telah menggelar pekan pertama pada Jumat-Minggu (13-15/8/2021). Meski baru awal kompetisi, tim-tim yang bertanding sukses menghadirkan kejutan, tak biasa, atau hal unik di week 1 MPL ID Season 8 untuk bisa dibahas.

Dari tujuh pertandingan yang tersaji, ONE Esports melihat ada beberapa hal unik di week 1 MPL ID Season 8 yang mungkin bisa dipelajari oleh para penggemar Mobile Legends di manapun untuk dicoba demi mendapatkan pengalaman bermain yang berbeda. Berikut ulasannya:

Daftar hal unik di week 1 MPL ID Season 8

Rippo, Bigetron Alpha, mobile legends, hal unik di week 1 MPL ID Season 8

Sumber: MPL

Martis tank

Penggunaan Martis tank ini sebenarnya sudah banyak terlihat di permainan Rank. Selain itu, hal ini juga pernah digunakan oleh Godiva dari Aura Fire di ajang Nimo TV Mobile Legends Arena (NMA) Season 3.

Kini di MPL ID Season 8, REKT menghadirkan strategi Martis tank saat EVOS Legends berjumpa Bigetron Alpha dan Aura Fire. Hasilnya pun terbilang sangat positif dan menjadi salah satu hal unik di week 1 MPL ID Season 8.

REKT memainkan Martis tank ini di game pertama menghadapi Bigetron Alpha dan game kedua kontra Aura Fire. Kedua game tersebut pun berhasil dimenangi oleh EVOS Legends, meski mereka harus mengakui keunggulan Bigetron Alpha dengan skor 1-2 dan menang 2-0 dari Aura Fire.

Dengan pemahaman dalam menggunakan semua kemampuan Martis sebagai tank serta pengetahuan tentang build item dan batasan dari hero marksman ini, tampaknya strategi tersebut bisa semakin populer, baik di level permainan rank dan kompetitif.

Physical midlaner

Mobile Legends Death Oath Benedetta

Skin Death Oath – Benedetta | Kredit: Moonton

Hal unik di week 1 MPL ID Season 8 lainnya adalah penggunaan hero physical sebagai midlaner. Biasanya, hero-hero yang sering dijadikan midlaner adalah mage karena memiliki kemampuan dalam melakukan clear wave minion cepat sebelum berotasi ke lane lainnya untuk memberikan bantuan.

Di MPL ID Season 8, beberapa tim sempat mempertontonkan strategi physical midlaner ini seperti yang ditunjukkan oleh Clay dan Ahmad menggunakan Saber, Renbo yang memainkan Benedetta dan Beatrix, serta Drian dengan Chou-nya.

Menurut Rippo dari Bigetron Alpha, hero-hero ini digunakan sebagai midlaner karena dapat lebih cepet melakukan clear wave ketimbang mage. Selain itu, hero-hero ini juga dianggap bisa lebih mandiri, jika suatu saat di-ganking oleh lawan.

Di sisi lain, kehadiran hero-hero physical sebagai midlaner ini tak serta-merta menghilangkan penggunaan mage. Namun, mereka lebih banyak digunakan sebagai sidelaner/offlaner, seperti Kagura, Uranus, Alice, Esmeralda, Phoveus, dan Lunox.

Saber, X.Borg, Cyclops, dan Alucard jungler

Mobile Legends: Bang Bang, Jungler, Cyclops

Saber dan X.Borg saat ini memang tengah menjadi pilihan utama. Bahkan di permainan rank, kedua hero ini sering kali dipilih menjadi core utama alias jungler. Hal ini juga ternyata ikut mewarnai dan menjadi hal unik di week 1 MPL ID Season 8 lainnya.

Branz menjadi satu-satunya player yang sempat menggunakan Saber sebagai jungler. Sementara penggunaan X.Borg di role ini terbilang lebih sering dan terbilang populer di level kompetitif tertinggi ini.

Sementara untuk Cyclops dan Alucard sebagai jungler, hal ini masih terbilang tak biasa alias unik. Rebellion Genflix dan Alter Ego adalah dua tim yang sempat menggunakan Cyclops sebagai jungler. Sementara Alucard jungler hanya digunakan oleh Alter Ego di game kedua menghadapi Geek Fam ID dan berujung dengan kekalahan.

Alter Ego memainkan Cyclops jungler sedikit banyak terinspirasi dari Kings Esports di ajang NMA Season 3, di mana strategi ini sempat membuat mereka mengalami kekalahan. Hal ini juga sempat diakui oleh LeoMurphy seusai pertandingan menghadapi RRQ Hoshi, Minggu (15/8/2021).

“Bisa dibilang seperti itu. Saya kurang tahu, soalnya waktu NMA saya tidak ikut. Dari latihan sampai turnamen tidak ikut. Jadi kemungkinan besar terinspirasi dari mereka (Kings Esports),” ucap Leomurphy.

Natan jungler emblem support

Build Natan Branz, Mobile Legends: Bang Bang marksman hero Time Wielder Natan skin

Kredit: Moonton

Sebagai seorang jungler, Natan biasanya dimainkan dengan menggunakan emblem marksman, assassin, atau fighter untuk meningkatkan kecepatan serangan atau mendapatkan regenerasi HP. Namun apa jadinya jika menggunakan emblem support?

Branz dari Bigetron Alpha dan High dari Aura Fire sempat mempraktekkannya dan menjadi hal unik di week 1 MPL ID Season 8 terakhir yang layak untuk dibahas. Branz menggunakannya saat Bigetron Alpha menghadapi Rebellion Genflix, sementara High saat Aura Fire menghadapi EVOS Legends.

Hasilnya? Sejauh ini hanya Branz yang memainkan Natan dengan emblem support Focusing Mark yang sukses meraih kemenangan dengan strategi ini. Menarik untuk dinantikan apakah hal ini akan terus hadir di MPL ID Season 8.